July 26, 2017

Sejarah Desa

Siapa yang pertama kali menghuni desa ini, tidak dapat diketahui secara pasti. Menurut riwayat para tetua bahwa seorang penduduk bernama rebun, bapak dari puntok pada tahun 1801 sudah berdomisili di Desa Rajik. Sebelum bernama Desa Rajik dahulunya desa ini bernama Permis. Permis diambil dari nama gunung yang terletak pada 1 km di sebelah timur desa yaitu desa permisan yang tingginya 453 meter di atas permukaan laut.

Pada masa Batin (batin adalah sebutan orang yang memimpin desa pada jaman dulu) Derakim. Desa ini berubah nama menjadi Desa Rajik. Rajik sendiri diambil dari kata Rajek (pagar kayu yang menngelilingi desa). Rajek tersebut digunakan untuk menegelilingi desa dari serangan bajak laut.

Derakim, anak laki laki dari puntok yang dilahirkan di desa rajik pada tahun 1824, pernah menjadi batin (setingkat kepala desa sekarang) dari tahun 1855 – 1884. Salah satu keponakan laki laki dari batin derakim yang bernama ca’eng dilahirkan di desa rajik pada tahun 1844, pernah menjadi penghulu desa rajik pada tahun 1885 – 1914 penghulu tersebut meninggal dunia pada usia 40 tahun.

Setelah penghulu ca’eng meninggal dunia, sejak tahu 1985 – 1931 terjadi kevakuman dalam pemerintahan di desa rajik. Baru pada tahun 1932 Desa Rajik di rubah namanya menjadi Gamete Rajk yang di pimpin oleh Sandang Bin Bair sebagai Gegading pertama Gamente Rajik yang memerintah mulai tahun 1932 – 1935

Sandang bin Bair adalah penduduk asli desa Rajik yang dilahirkan pada tahun 1872 dan meninggal dunia pada hari selasa tanggal 29 maret 1954 di Desa Rajik. Dalam Urusan penting dan resmi di bidang pemerintahan, Gegading sandang bin fair diharuskan untuk hadir di koba, karena Conteluer koba adalah atasan langsung Gegading Rajik.

 

Begitulah sejarah dan legenda dari Desa Rajik itu sendiri. Sejarah ini diambil dari narasumber yang bernama :

  1. NURMUHAMMAD BASTARI
  2. SEP AMIR IBROHIM